Efek Dunia Maya

 

”Efek Dunia Maya”

Kemajuan teknologi informasi dalam segala bidang dan sisi kehidupan, tidak mungkin kita bendung. Arus globalisasi dan modernisasi memicu dan mendorong kita, mau tidak mau untuk menjadi salah satu dari pengguna yang membutuhkan. Tak dapat dipungkiri dengan adanya teknologi kehidupan manusia menjadi dipermudah, hampir segala hal berbau ”digit” atau ”elektrik”. Fasilitas dan cakupan jaringan memungkinkan hampir di semua tempat, keadaan, manusia segala usia mampu untuk mengaksesnya. Berbagai macam fasilitas jejaring sosialpun muncul, mulai dari… ; YM, windowslive, friendster, hi5, My Space, facebook, sampai dengan twitter, dan masih banyak yg lainnya. Dan tak sampai disitu tentunya masih akan bermunculan kembali jejaring-jejaring sosial yang baru. Dunia maya,. ya itu adalah kiasan dari dunia internet yang kita kenal sekarang,. Kenapa kiasan itu muncul? secara logika memang kita menerima bahwa dunia jaringan pesawat informasi ini adalah akses yang menghubungkan arus informasi dan komunikasi, lewat layar kurang lebih 12-14′ . Melalui tampilan huruf, audio dan visusal.

Saya Menekankan Bahasan Mengenai ”dampak negatif ” adanya jejaring sosial ”Dunia Maya”

Bagi sebagian orang internet sudah menjadi bagian keseharian yang tak bisa dilepaskan. Entah itu alasan pekerjaan, kesenangan pribadi atau kepentingan akan informasi. Sayangnya pengguna di Inonesia yang merupakan urutan ke-5 tertinngi pengguna internet di Asia, didominasi oleh remaja. Anak-anak sudah termasuk di dalamnya. Jika tanpa pengawasan dan bimbingan yang benar dari orang tua tentu akses hal-hal negatif yang didapat dengan mudah dapat sangat membahayakan. Secara simpel dapat saya jabarkan… Efek negatif dunia maya: 1. Teraksesnya pornogfrafi, tentu hal ini berbahaya bagi anak-anak dan remaja. Juga meningkatkan kriminalitas seksual. 2. Dampak kecanduan dan tidak rasionalistis, seseorang dapat menjadi diri orang lain dalam dunia maya, mereka dapat menjadi apa yang mereka inginkan yang tak bisa didapatkan dalam dunia nyata. Hal ini membuat ketagihan, sehingga ada dampak psikis yang kuat. Dan tidak rasionalistis karen semua itu semu. 3. Dampak Lupa Waktu dan Kegiatan Lain, Tak jarang sekalinya orang yang tengah ”asyik” dalam dunia semunya itu melupakan waktu, tugas, janji, atau kegiatan yang harus ikerjakan lainnya. 4. E fek Bohong, dampak bohong ini bisa pada diri sendiri, dan orang lain. Betapa tidak karena tidak sedikit orang yang menggunakan plot, nama dan tulisan palsu untuk mendapatkan keinginannya dan perhatian dari orang lain 5. Efek berkhayal dan Tidak Realistis Dengan masuknya ke dunia maya, orang menjadi lebih sering berimajinasi akan hal-hal yang tidak realistis seakan-akan dia telah hidup di dua dunia yang berbeda. Hal ini tentu saja membawa dampak bias dan tidak realistisnya seseorang memandang kehidupan.

Jadi….

Tentunya boleh saja anda menguunakan jejaring sosial dan fasilitas internet lainnya, asalkan dalam kondisi wajar dan normal. Sehingga tidak membawa dampak psikis yang negatif terhadap diri anda. Krena hal ini  akan sangat berpengaruh terhadap diri, kehidupan dan kegiatan anda. Terlebih ini juga bisa membahaykan diri anda. Karena isu “cyber crime” sekarang juga tengah menjadi persoalan hangat yang universal.

About hadamrica

unpredictable, always happy, interested in social-politics, in magister communication programe

Posted on April 27, 2010, in informasi and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: